Post info

Label: , , , ,


Comments 0


Author: nius blog

Saya tahu anda bingung, mana yang lebih baik antara blog yang isinya khusus satu bidang dengan blog yang isinya lengkap. Berarti anda sama dengan saya sekian bulan yang lalu. Tapi akhirnya saya jatuh cinta pada blog khusus. Yang namanya cinta tentu bukan asal pilih. Khusus tetang hal ini nanti bisa kita bicarakan sambil makan siang. Sekarang kita lihat dulu kekuatan dan kelemahan masing-masing blog yang berperang ini.

Pertama, Blog Khusus
Kekuatan:
Meskipun topik blog ini sempit, hanya memilih satu sudut khusus, tapi
biasanya ulasannya menjadi tajam dan mendalam. Sebagai contoh, jika anda temukan sebuah blog khusus tentang tutorial blogging, maka anda bisa mendaptakan info pada salah satu sisi blogging secara lebih mendalam. Misalnya tentang header. Anda bisa dapatkan tutorial membuat gambar header, menentukan ukuran header, prinsip desain header, cara mendesain header, memasang gambar header, dan seterusnya tentang segala yang menyangkut dengan header.Karena kontentnya spesifik, maka blog ini punya daya saing yang tinggi. Dia akan menjadi tangguh. Karena ilmu dan tutorial yang disajikan bukan hanya selayang pandang. Ini mirip ketika anda pergi ke toko buku Gramedia yang hanya khusus menjual segala jenis buku. Tidak mungkin warung serba ada milik anda akan sanggup mengalahkan toko gramedia dengan hanya menyediakan satu etalase buku saja di warung anda.


Karena spesifik dan mendalam, maka blog ini akan mudah membangun image. Dan imege itu ditangkap oleh pengunjung. Sehingga asal mereka ingin mencari tutorial blogging misalnya, maka refleks dalam pikirannya terbayang blog anda. Jika terbayang buku misalnya, maka spontan yang terbayang oleh saya adalah Gramedia, bukan warung serba ada milik anda yang jumlahnya sangat melimpah di mana-mana. Artinya karena blog anda spesifik dan mendalam, maka biasanya blog anda akan menarik pengunjug yang fanatik atau pengujung yang loyal.

Kelemahan:
Karena blog ini khusus dan mendalam, maka juga menuntut penguasaan anda yang mendalam. Tidak mungkin membangun blog khusus dengan kepandaian setengah-setengah. Sebagai contoh anda tidak bisa pura-puara hebat menulis tentang seo, google dan sebagainya jika blog anda bertitle “belajar SEO”.

Solusi:
Jika anda ingin tetap membangun blog khusus, sedangkan anda sadar anda bukan ahlinya, maka anda bisa membangunnya sambil jalan. Dengan syarat, pastikan bidang itu memang anda sukai. Masalah pendalaman content bisa menyusul secara bertahap.

Jika ingin membangun blog khusus tentang tutoral blogging misalnya, jangan menulis tentang SEO jika anda baru blogging 1 bulan apalagi kurang, karena ilmu yang anda miliki baru hafalan atau ciplakan dari buku, postingan blog lain dan sejenisnya. Belum sebuah pengalaman pribadi anda. Karena itu mulailah dulu menulis tetang membuat email, membuka akun blogspot, menukar template, dan seterusnya. Begitulah seterusnya secara berangsur-angsur sampai anda benar-benar sudah mengalami sendiri soal SEO.


Kedua, Blog Gado-gado.
Kekuatan:
Berkunjung ke blog ini sama dengan shoping di super market. Segalanya serba ada. Anda tidak perlu susah-susah ke sana kemari untuk mencari apa saja yang anda butuhkan. Mulai dari sepatu, alat listrik, mobil sampai dengan sayur mayur. Anda hanya perlu satu kali transaksi dan parkir kenderaan. Jadi pada blog gado-gado anda bia melahap semua menunya yang sangat beragam. Dan secara seo blog gado-gado ini bisa menyedot pengunjung dari berbagai lapis dan bidang.

Secara umum, pengunjung bisa menganggap blog anda dibangun oleh orang yang berwawasan luas, mengikuti perkembangan zaman dan mengerti kebutuhan terkini pengunjung.

Dari segi blogging, dengan blog seperti ini anda bisa bebas menulis apa saja yang anda inginkan. Jika angin kencang bertiup ke politik anda juga bisa menulis soal politik. Jika angin berbelok arah ke soal video ariel, maka anda pun juga bisa ikut menulisnya. Jika atap rumah anda tiba-tiba bocor, maka anda juga bisa menulis: “cara praktis manambal atap dengan Avira.2.3”

Kelemahan:
Karena blog ini gado-gado, maka yang digarap menjadi tidak mendalam. Akibatanya blog ini tidak memiliki daya saing yang tinggi. Blog ini biasanya tenggelam dalam jutaan blog lain yang topiknya pasaran. Karena secara konten blog ini tidak punya brand image. Sama seperti warung serba ada anda tadi. Saya akan percaya membeli buku di Gramedia dari pada di warung serba ada anda. Alasan saya tidak mungkin Gramedia menjual buku palsu dan main kutip seperti warung anda.

Karena luasnya garapan, sulit bagi anda untuk menguasai semua bidang itu secara mendalam. Akibatnya anda tidak pernah hebat dalam satu bidang. Anda hanya menembak malas kearah mana saja yang anda suka. Tidak ada sasaran cantik yang anda bidik dengan sungguh-sungguh.

Solusi:
Jika anda tetap ingin membangun blog gado-gado yang tangguh, anda harus menguasai semua bidang itu dengan baik. Jika anda tidak sanggup, karena terlalu menyita waktu dan energi, maka anda bisa membayar setiap blogger yang ahli pada masing-masing bidang itu. Lalu setelah itu anda akan bisa tidur dan istirahat dengan tenang.

Jika itu tidak mungkin dan anda masih ngotot, ya sudah jalani saja. Karena saya tahu anda sudah menyediakan jawaban pamungkasnya:
 “Ah … saya blogging cuma untuk mencari teman dan bersenang-senang ko”

huahuahuaaaaa :D :D

0 komentar:


Posting Komentar